Friday 19 September 2008

Mesjid Raya & Jembatan Siak, Landmark Kabupaten Siak

Nggak kebayang andai saja otonomi daerah tak pernah ada. Mungkin cuma Jakarta aja yang maju, atau kota-kota besar lainnya sedangkan kota-kota kecil ataupun kabupaten di sekitarnya gak maju-maju. Tapi lihatlah sekarang, sejak otonomi daerah diberlakukan banyak kota-kota kecil ataupun kabupaten yang mulai berkembang. Saya mengalami sendiri hal ini. Contoh konkritnya Kendari. Mereka benar-benar sedang membangun, semua insfratuktur & tatanan kota perlahan tapi pasti mulai menunjukan perkembangan.

Setelah di tempatkan kerja di Riau, saya pun melihat beberapa kabupaten yang sedang mengalami perkembangan. Yang paling mencolok adalah Kabupaten Pelalawan & Kabupaten Siak. Penghasilan kebun sawit di kedua kabupaten tersebut menghasilkan pemasukan yang signifikan untuk dana APBD daerah. Di Pelalawan, jalan-jalan baru sedang dibangun. Setahun kemarin jalur lintas timur jalannya rusak sekali dan penuh lubang, tapi sekarang sudah berubah dengan jalan-jalan yang terbuat dari beton. Begitu juga dengan Kabupaten Siak.

Setelah berhasil membangun jembatan Siak yang begitu megah (diresmikan oleh presiden SBY tahun lalu), Siak pun berhasil membangun mesjid raya yang begitu megah & Cantik. Letaknya yang begitu strategis tepat di pinggir sungai Siak. Begitu anda masuk ke Siak, setelah melewati jembatan anda bakal disambut oleh mesjid Raya Siak. Dilihat dari luarnya saja, mesjid ini begitu megah. Bakal terpesona lagi setelah anda melihat ke dalam, dinding luar & dinding dalamnya penuh dengan ukiran kaligrafi khas Melayu. Belum lagi lorong-lorong yang terdapt di sekitar mesjid ini, begitu elegan. Area Parkir yang luas, menambah megah mesjid ini. Dari dalam mesjid, kita dapat view bagus ke jembatan Siak. Saat ini, mesjid masih belum sempurna, masih banyak pembangunan di sana-sini. Pokoknya, masuk ke dalam mesjid ini bikin tentram lah.

Jembatan & Mesjid Raya Siak ini telah menjadi landmark baru Kabuaten Siak, setelah sebelumnya terdapat Istana Kerajaan Siak yang sudah kesohor itu. Kabupaten Siak sedang membangun, jadi penasaran juga sama kota-kota yang lain di Indonesia ini.













Mesjid Raya Siak yang begitu anggun & megah



2 comments:

neorenggana said...

Tah nu ieu odon.. tong warna bodas.. teu jelas

neorenggana said...

iraha urang bisa ka dinya odon.. *ngayal..*